Kamis, 29 September 2022

Wakil Ketua III DPRD Lamsel Hadiri Pembukaan Musrenbang RKPD Lamsel Ta-2023

25 March 2022

LAMSEL, Negeriko.id – – Wakil Ketua III DPRD Lampung Selatan, Waris Basuki secara virtual zoom meeting bersama Bupati dan wakil Bupati Lampung Selatan, menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Rimau, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Selatan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A. Rabu (16/3/2022)

 

Turut hadir Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, M.M., dan para Kepala (OPD) serta Camat se-Kabupaten Lampung setempat.

 

Dalam sambutannya Sekertaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan, Pada situasi pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia selama 2 tahun terakhir, diperlukan kepemerintahan yang lincah, tanggap, bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat serta bisa menata alokasi sumber daya.

 

“Oleh karenanya saya berharap kepada seluruh Jajaran Pemkab Lampung Selatan untuk selalu optimis, bekerjakeras serta saling bersinergi dan menjaga komitmen dalam membangun pondasi pemerintahan yang kokoh dan kuat, guna terciptanya pembangunan daerah yang terintegrasi.”kata dia.

 

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional, sebagai wujud keterlibatan seluruh pemangku kepentingan.

 

“Sebagai upaya penyerapan aspirasi masyarakat sebagai masukan bagi Perangkat Daerah dalam menyusun rencana program dan kegiatan, yang kemudian disusun menjadi dokumen RKPD Tahun 2023, dimana ini merupakan tahun kedua dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Lampung Selatan 2021-2026,” kata Nanang dalam laporannya.

 

Pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia sejak bulan Februari 2020 berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Selatan. Dimana, pada tahun 2020 mengalami pelambatan hingga -1,73 persen.

 

Namun melalui berbagai upaya pemulihan ekonomi dan sosial yang dilakukan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan mengalami peningkatan hingga mencapai 2,68 persen pada tahun 2021.

 

“Pandemi yang berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran di Kabupaten Lampung Selatan yang pada Tahun 2020 sebesar 5,19 persen menjadi sebesar 5,27 persen pada Tahun 2021.

 

“Guna mencapai pembangunan daerah yang terintegrasi, diperlukan kerjasama, kerja keras dan keterlibatan dari seluruh komponen yang ada, baik dari pemerintah daerah, aparat keamanan, dunia usaha, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya.”pungkas Nanang. 

 

(Red)

berita terkait