Kamis, 29 September 2022

Pelajaran Fisika Masih Jadi PR Bersama dalam Pendidikan Indonesia

8 November 2021

Hasil analisis data indeks nilai peserta Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) SMA/MA menunjukkan, kemampuan siswa Indonesia dalam menguasai mata pelajaran Fisika masih perlu ditingkatkan. Tercatat nilai tertinggi Fisika hanya sebesar 13% dari nilai maksimal.

Temuan tersebut disampaikan oleh VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati dalam acara Media Gathering Online KSR, Rabu (8/9/2021). Untung memaparkan, dari seluruh mata pelajaran eksakta, Kimia menempati peringkat tertinggi. Sementara, Fisika menempati posisi terendah.

“Kemampuan Fisika kita ini yang jadi PR besar, gimana Indonesia bisa improve dan bisa bersaing di internasional,” kata Untung.

Selain mendapatkan nilai terendah, Fisika menjadi mata pelajaran paling sedikit diminati dalam kompetisi sains tingkat nasional tersebut. Tercatat, peserta yang bersaing di bidang Fisika hanya 8,1% dari total peserta lebih dari 20 ribu, tepatnya 20.022 peserta.

Provinsi dengan nilai Fisika tertinggi diduduki oleh Sulawesi Tengah. Kemudian disusul oleh D.I.Yogyakarta, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Bali. Sementara itu, lima provinsi dengan nilai indeks di bawah rata-rata nasional antara lain Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kalimantan Timur.

Walaupun siswa Provinsi Sulawesi Tengah menempati nomor 1 di bidang Fisika, namun provinsi tersebut terhitung masih jauh jika dibandingkan dengan provinsi lainnya. Total nilai yang diperoleh menempati papan tengah, cenderung ke atas.

Terlepas dari masalah ketimpangan, data KSR menunjukkan bahwa terdapat pelajar di Indonesia yang tetap optimistis dan tidak membiarkan keterbatasan menjadi penghalang untuk terus berprestasi.

Seperti diketahui, KSR merupakan kompetisi sains berskala nasional yang diikuti oleh siswa jenjang SMA/MA dari seluruh wilayah Indonesia. KSR bertujuan untuk memajukan pendidikan di bidang sains dengan mengasah minat, mengukur potensi, dan mencetak siswa tangguh dan berprestasi.

Ruangguru juga membuka KSR untuk kategori SMP/MTs. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 12 September 2021. Bagi detikers yang berminat untuk mengikuti KSR, dapat melakukan pendaftaran melalui situs ruangguru ya!

Baca artikel detikedu, “Pelajaran Fisika Masih Jadi PR Bersama dalam Pendidikan Indonesia” selengkapnya https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5715659/pelajaran-fisika-masih-jadi-pr-bersama-dalam-pendidikan-indonesia.

berita terkait

22 July 2022

22 July 2022

22 July 2022