Selasa, 17 Mei 2022

Kapolres Lamsel, Dampingi Kunker Menko PMK-RI bersama Rombobgan di Pelabuhan Bakauheni

29 April 2022

LAMSEL, Negeriko.id – – Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi, mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK-RI) Dr. Muhadjir Efendi, s

SPd, MAP di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Kamis (28/4/2022).

 

Dalam kunjungan kerjanya Arus Mudik di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan serta meninjau aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) Menko PMK-RI didampingi oleh Muhadjir Efendy S.Pd., MAP, yang menggunakan 1 Unit Helikopter BNPB PK-URG didampingi oleh Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto, Ka BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D, PVMBG Dr. Ir. Hendra Gunawan, Deputi 3 BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari, serta Staf ahli Menko PMK, Adc Menko PMK dan Adc Ka. BNPB.

 

Pada kunjungan kerjanya Menko PMK-RI beserta rombongan tiba sekitar pukul 13.15 wib yang menggunakan Helikopter BNPB ini langsung mendarat di Dermaga VI pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. 

 

Saat melakukan kunker di Pos Terpadu Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Palabuhan Bakauheni, langsung disambut di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni oleh Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs, Hendro Sugianto, MM, Karopsi SSDM Polri Brigjen. Pol. Kristiyono, S.I.K., M.Si., Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Wahyu Bintono, S.IK, SH, MH, Dir Lantas Polda Lampung Kombes Pol. Raden Romadhon Natakusuma, S.H., S.Ik., M.H, Dir Polair Polda Lampung Kombes Pol Sismulyono SH., MH, Dir Samapta Polda Lampung 

Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso, Dirkrimum Polda Lampung Kombes Pol Reynold Elisa Hutagalung SH., MH, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol M. Syarhan S.IK, SH, MH, Kapolres Lampung Selatan 

AKBP Edwin SH., S.Ik., M.Si, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si., 

GM PT. ASDP Cab. Bakauheni, Capt Suharto, Ka Gapasdap Bakauheni Lampung Selatan

Warsa, dan Ka Pos SAR Bakauheni, Deni Iriyansyah Mezu.

 

Dihadapan Menko PMK-RI dan rombongan, Kapolres Lamsel AKBP Edwin, SIK, SH, MSi, menyampaikan paparan tentang Kesiapan Pelabuhan Bakauheni, baik kesiapan dermaga dan kantong-kantong Parkir yang ada di pelabuhan Bakauheni guna mencegah Kemacetan dan Kesiapan dalam Penerapan Protokol Kesehatan.

 

Swlanjutnya Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, MM juga menyampaikan paparan terkait arus Lalu lintas jalan toll dan jalan arteri, Jalur antisipasi kemacetan di pelabuhan bakauheni, dan kantong parkir rest area yang ada di wilayah hukum polda lampung serta daerah-daerah rawan tindak pidana dan Kesiapan Polda Lampung dalam pengamanan Ops Ketupat Krakatau 2022 Polda Lampung.

 

Sedangkan Menko PMK-RI Dr. Muhadjir Efendy S.Pd., MAP dalam arahanya mengatakan bahwa untuk kesiapan pengamanan Transportasi Pada Arus mudik idul fitri 1443 H / Th. 2022 Provinsi Lampung saya rasa sudah sangat cukup baik 

 

” Persiapan menghadapi Arus Mudik dan Balik di Lampung sudah cukup baik “

 

Namun demikian sekiranya para petugas agar di antisipasi kemacetan pada saat arus balik baik di Pelabuhan bakauheni maupun jalur-jalur yang di lalui oleh para pemudik, yakni dengan mengurangi penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni saya meminta untuk semua instansi terkait dapat memberikan pelayanan terbaik, saling berkoorinasi dengan baik antar instansi guna mengantisipasi kemacetan di Pelabuhan Bakauheni selama Pada Pada Arus mudik maupun arus balik idul fitri 1443 H / Th. 2022.

 

Juga tetap patuhi protokol kesehatan pada saat arus mudik maupun arus balik idul fitri 1443 H / Th. 2022 serta tetap lakukan vaksinasi di gerai yang telah di sediakan.

 

Kemudian Menko PMK-RI bersama rombongan memberikan pers Statement didepan Pos Operasi Ketupat Krakatau 2022 kepada awak media didampingi oleh 

 Ka. BNPB, Ka. BMKG dan Ka. PVMBG RI .

 

kepada awak media Menko PMK RI menyatakan bahwa pihaknya telah meninjau langsung diarea anak gunung krakatau untuk mengecek kondusi anak gunung krakatau.

 

Dalam kesempatan ini sepanjang pengamatan bersama BNPB dan BMKG situasi Gunung anak krakatau Insya Allah aman, masyarakat yang akan menyeberang Insya Allah tidak terganggu dengan aktifitas anak gunung krakatau.

 

Sedangkan dari data yang diperoleh bahwa jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor berdasarkan Kapolda telah menurun dratis dan sebagian besar menggunakan roda empat baik pribabdi maupun umum dan mulai malam ini menurut keterangan Kapolda lampung untuk roda dua akan dikawal sampai dengan perbatasan sumatera selatan agar dalam perjalan aman.

 

Oleh karena itu atas nama pemerintah pihaknya mengucapkan teimkasih kepada Kapolda Lampung dan intasi laiinnya sampai dengan saat ini semuanya berjalan lancar lancar saja dan semoga sampai akhir nanti situasi tetap kondusif.” Pungkasnya

 

Selanjutnya sekira Pukul 14.20 wib, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Ka. BNPB, Ka. BMKG dan Ka. PVMBG RI beserta Rombongan menuju Helipad dermaga VI untuk persiapan Boarding dan kemudian kepas landas menuju Jakarta. (Red )

berita terkait