Selasa, 17 Mei 2022

Proyek GOR Manahan Solo Mandek, Gibran: Kontraktor Tak Profesional

7 November 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memutus kontrak kerja dengan kontraktor proyek pembangunan GOR Indoor Manahan Solo. Dia menyebut kontraktor tidak profesional.

“GOR Manahan sudah kita putus kontrak. Sangat menyayangkan, tidak profesional,” kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Kamis (7/10/2021).

Penyebabnya ialah PT Trinanda Karya Utama selaku kontraktor tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu. Padahal Pemkot Solo sudah memberi perpanjangan waktu namun proyek itu tak juga rampung.

Proyek senilai Rp 18 miliar itu seharusnya rampung 26 Juli 2021. Pemkot sudah memberi perpanjangan sampai 50 hari, hingga akhirnya kontrak diputus.

“Tidak sesuai deadline. Sudah dikasih kesempatan untuk extend beberapa periode tapi tidak selesai. Ya udah putus kontrak wae,” kata dia.

Pihak kontraktor sempat beralasan kesulitan mendapatkan oksigen untuk pengerjaan GOR Manahan karena kasus COVID-19 sedang tinggi pada Juli 2021 lalu. Namun, Gibran tak menerima hal itu dijadikan alasan.

“Rasah nyalahke oksigen (tidak usah menyalahkan oksigen), dulu butuh untuk COVID,” ujar dia.

Akibat pemutusan kontrak tersebut, sudah hampir sebulan ini proyek GOR Manahan mandek. Gibran pun mengaku telah memproses lelang ulang proyek tersebut agar segera selesai.

“Ini kita berproses lelang ulang. Kalau bisa sesegera mungkinlah,” katanya.
Baca juga:
Dicari! Pendaki yang Viral Panjat Lalu Joget di Tugu Puncak Merbabu

Gibran juga menegaskan tidak ada kerugian negara yang dalam pemutusan kontrak kerja itu. Dia pun memastikan kontraktor telah membayar denda.

“Sudah bayar denda, nggak ada gugatan apa-apa, cukup kooperatif. Yang paling penting tidak ada kerugian negara, tenang aja,” pungkasnya.

Baca artikel detiknews, “Proyek GOR Manahan Solo Mandek, Gibran: Kontraktor Tak Profesional” selengkapnya https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5757547/proyek-gor-manahan-solo-mandek-gibran-kontraktor-tak-profesional.

berita terkait