Pansus Petanyakan Anggaran Penyuluhan Pertanian

8 May 2024

Lamsel, negerikoe.id – DPRD Lampung Selatan kembali menggelar rapat pansus LKPJ 2023 lanjutan bersama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kehutanan dan Perkebunan Lampung Selatan, Rabu (8/5/2024), di Aula Badan Anggaran (Banggar) DPRD setempat yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

Imam Subkhi anggota pansus LKPJ 2023, mempertanyakan tentang anggaran penyuluhan pertanian dinas tersebut yang mencapai 2 miliar untuk kegiatan dalam bentuk apa di 17 kecamatan dan 260 desa di Kabupaten Lampung Selatan agar tidak terjadi pemborosan anggaran dan pengulangan kegiatan yang sama tahun berikutnya.

Selain itu ia menanyakan potensi yang di dapat dari penyuluhan pertanian serta apakah hal tersebut hanya ke kelompok tani atau gabungan kelompok tani dan juga apa yang berhasil di bentuk dari penyuluhan tersebut.

“Dengan anggaran yang mencapai 2 miliar rupiah itu harusnya output yang dihasilkan akan terlihat nyata. Saya harap dengan anggaran sebesar itu dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat terutama bagi petani,” Paparnya. 

Bibit Purwanto Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kehutanan dan Perkebunan Lampung Selatan menjelaskan bahwa penyuluhan tersebut untuk gapoktan yang berjumlah 256 ada di desa dan 4 di kecamatan serta 4.131 kelompok tani yang telah dilatih untuk pembuatan pupuk kompos, pupuk organik serta budidaya tanaman sayuran, dan pelatihan lainnya. (Red) 

berita terkait