Jumat, 9 Desember 2022

Inventarisir Potensi Pendapatan Desa, Bupati Nanang Minta Pengelolaan Usaha Desa Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

3 July 2022

Kalianda, Negeriko.id – – Bupati Lampung Selatan Hi Nanang Ermanto minta pemerintahan desa menginventarisir potensi-potensi sumber pendapatan desa, untuk dikelola lebih lanjut dalam upaya peningkatan ekonomi pedesaan berdasarkan potensi dan kebutuhan desa. 

 

Seperti potensi wisata desa, menurut suami dari Winarni ini, potensi wisata tersebut bisa menjadi sumber pendapatan asli desa (PADes) jika dikelola dengan baik, profesional, ekonomis dan akuntabel. 

 

“Kalau pengelolaan usaha desa bisa maju dengan memberdayakan masyarakat, maka tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, pasti juga bisa sebagai tambahan pembiayaan di desa. Sehingga pembangunan di desa akan semakin maksimal,” ujar Nanang di sela-sela acara pengukuhkan Komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Natar di Desa Wisata Way Ratu Negara Ratu Kecamatan Natar, Sabtu 2 Juli 2022.

 

Sementara, dalam acara tersebut Bupati Nanang Ermanto yang didampingi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan, Hj Winarni sempat melantik Komunitas UMKM tersebut dan dilanjutkan dengan penyerahan alat bantu bagi UMKM, penyerahan sertifikat tanah, serta penyerahan sertifikat penyuluhan ketahanan pangan (PKP) secara simbolis bagi masyarakat Kecamatan Natar.

 

Dalam kesempatan itu, Nanang sangat menyambut baik terbentuknya Komunitas UMKM Kecamatan setempat. Dia berharap, terbentuknya komunitas UMKM ini bisa membantu Pemkab dalam meningkatkan perekonomian warga dalam rangka pemulihan ekonomi dampak pandemi.

 

“Selama dua tahun lebih kita stagnan, karena situasi hancurnya pertumbuhan ekonomi dampak covid-19 sehingga mengalami dilema yang luar biasa. Bahkan banyak karyawan yang di PHK, apalagi UMKM mengalami dampak yg cukup parah juga,” terang Nanang.

 

Nanang juga berpesan, agar para pengurus dan anggota komunitas dapat saling berkolaborasi mengembangkan kreatifitas, inovasi dan pengembangan produk yang berkualitas dan dapat bersaing.

 

“Dilihat apa potensi dari terkecil tingkat RT, tingkat Desa ada tidak UMKM, usaha kecilnya, bentuk pendopo-pendopo hasil UMKM di tiap desa, ajak pelaku usaha,” ujar orang nomor satu di Lampung Selatan itu.

 

Senada dengan yang disampaikan Bupati, Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap para pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas UMKM.

 

“UMKM yang masih sangat kecil agar dapat terus bertumbuh, mudah-mudahan para pelaku UMKM bisa terwujud sesuai dengan harapan, produk bisa dipromosikan dan berkembang untuk kesejahteraan pelaku UMKM demi memajukan daerah Lampung Selatan tercinta,” jelas Winarni.

 

Ia mengatakan, perlunya kemandirian dan kolaborasi antar semua pihak baik para pelaku usaha, para stakholder, masyarakat dan kepengurusan dengan program kerja, bagaimana caranya peningkatan kapasitas, peningkatan kompetensi.

 

“Hari ini gagah saat pengukuhan pengurus tapi tidak hanya hari ini saja orang datang untuk melihat kita, melihat usaha kita harus seterusnya jadi tidak hanya seremoni,” tutupnya. 

 

( Red )

berita terkait