Di Sidomulyo, Ketua KPU Lamsel Lantik 162 Anggota PPS

26 May 2024

Lamsel, negerikoe.id – Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak, melantik dan membuka Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024. Minggu (26/5/2024).

Pada kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Betik Hati Kecamatan Sidomulyo itu diikuti oleh 162 Anggota PPS dari 5 wilayah Kecamatan, Sidomulyo, Candipuro, Way Panji, Katibung dan Way Sukan. 

Usai melantik dan penandatanganan pakta integritas pelaksana Pemilu, Ketua KPU Lamsel, Ansurasta turut memberikan ucapan selamat. 

“Selamat untuk seluruh anggota PPS yang telah dilantik hari ini. Ini bukan hari kebahagian, tetapi menjadi awal kita mulai bekerja dan berkarya untuk KPU khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya,” Ungkap Ketua KPU Lamsel saat memberikan sambutan. 

“Tugas pokok anggota adalah untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024,” Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ansurasta juga menjabarkan tugas pokok sebagai anggota PPS yakni membatu PPK dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Serta turut aktif dalam mengikuti bimbingan teknis yang nantinya akan diselenggarakan ditiap PPK masing-masing. 

“Mulai saat ini harus siap mengabdi kepada masyarakat, kita sama namun tingkat hirarki kita saja yang berbedaberbeda, Saya di kabupaten, ada yang di kecamatan dan teman-teman di tingkat desa,” Jelas Aan (sapaan akrabnya).

Ketua KPU Lampung Selatan itu juga meminta profesionalitas serta netralitas sebagai penyelenggara PemiluPemilu. Untuk itu seluruh anggota PPS diminta untuk memahami fakta integritas, SOP kinerja serta bertanggungjawab dengan aturan dan tugas sebagai PPS.

“Kalau dikemudian hari ada temuan-temuan keberpihakan anggota PPS kita, akan diberikan sanksi baik sosial maupun hukum,” Tutupnya.

Sementara, dari jumlah 162 anggota PPS yang dilantik tersebut terdiri dari Kecamatan Sidomulyo 48 orang, Candipuro 42 orang, Katibung 36 orangorang, Way Sulan 24 orangorang dan Way Panji 12 orang.

Nantinya, seluruh anggota PPS tersebut akan menjalani masa kerja selama 8 bulan, dari mulai dilantik hingga 27 Januari 2025 mendatang.

Perlu diketahui selain di Kecamatan Sidomulyo, kegiatan pelantikan anggota PPS tersebut dilaksanakan secara serentak di 4 titik lainnya, dari data yang dihimpun kegiatan serupa juga turut dilaksanakan di Kecamatan Penengahan, Jati Agung, Tanjung Bintang dan Sragi. (Red) 

berita terkait