Sabtu, 25 Juni 2022

Dalam Waktu Dekat Partai PAN Akan Melakukan PAW Pengganti Almarhum Sukardi SE

14 June 2022

LAMSEL, Negeriko.id – – Partai Amanat Nasional (PAN) mulai memproses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PAN Sukardi SE yang meninggal pada 29 Mei 2022 lalu.

 

Diketahui almarhum Sukardi SE menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI yang meliputi Kecamatan Tanjung Bintang, Merbau Mataram dan Kecamatan Tanjung Sari pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

 

Dari Informasi yang diterima infodesanews.com, calon pengganti almarhum Sukardi SE, kemungkinan besar adalah seorang perempuan bernama Hj Rusdianti yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari parpol yang sama di dapil yang sama.

 

“Iya dalam waktu dekat ini kami akan memproses dan berkoordinasi ke KPU untuk melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) secepatnya.” kata

sekertaris DPD PAN Kabupaten Lampung Selatan Agus Sartono yang juga wakil ketua I DPRD setempat pada infodesanews.com, Selasa (14/6/2022) melalui sambungan selulernya.

 

Hanya saja, Agus belum menyebut kepastian kapan pelaksanaan pengganti almarhum Sukardi, karena saat ini masih dalam proses. Agus hanya mengatakan PAW akan diproses secepatnya. khususnya persyaratan-persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi calon pengganti.

 

Menurutnya sesuai ketentuan, suara terbanyak di bawahnya dalam satu dapil. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah untuk PAW biasanya maksimal dua sampai tiga bulan.

 

“Kami sudah melakukan koordinasi di internal Partai dan koordinasi dengan DPRD dan KPU Lampung Selatan PAW akan dilakukan sesuai prosedur yang ada.”tutupnya.

 

Proses PAW diawali dari pengajuan partai, kemudian Ketua DPRD mengajukan ke KPU Setelah diverifikasi, KPU mengeluarkan pengganti sesuai perundang-undangan. Setelah KPU mengeluarkan pengganti, DPRD segera memproses persyaratan untuk diajukan ke Gubernur Lampung melalui Bupati.

 

 (Red)

berita terkait