Banggar DPRD Lamsel Kembali Sorot Capaian PAD

10 June 2024

Lamsel, negerikoe.id – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Lampung Selatan menyoroti serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten setempat. Bangar menilai, realisasi PAD tahun 2023 masih jauh dari target yang telah ditetapkan.

Hal tersebut diketahui dalam rapat pembahasan LKPJ antara Badan Anggaran DPRD bersama OPD dilingkup prmkab setempat. Senin (10/6/2024).

Pada rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Hendry Rosyadi itu sejumlah anggota banggar mencecar pertanyaan terkait realisasi PAD dari masing-masing Dinas.

Wakil Ketua II DPRD Lampung Selatan, Agus Sutanto mengatakan, capaian realisasi PAD di kabupaten yang berjuluk Serambi Sumatera itu masih jauh dari yang telah ditetapkan.

“Capaian PAD masih jauh dari yang diharapkan, bahkan jauh dari yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah (lamsel),” Paparnya.

Politisi dari Fraksi Partai Golkar itu menambahkan, penetapan PAD harus mengacu pada landasan yang sesuai di masing-masing OPD dan tidak memaksakan target terlalu tinggi.

“Seharusnya pada saat penetapan target PAD mengacu pada landasan yang sesuai, sehingga ditiap OPD tidak terbebani oleh target yang ditetapkan pemkab,” Jelasnya.

“Untuk itu, saya sarankan agar pemerintah kabupaten lampung selatan memprioritaskan pencapaian maksimal pada saat menentukan target PAD ditiap OPD yang memiliki pendapatan,” Imbuhnya.

Sementara itu, rapat pembahasan antara Badan Anggaran dan sejumlah OPD tersebut merupakan salah satu tahapan pasca pelaksanaan Paripurna dalam rangka Penyampaian Ranperda LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun Anggara 2023 yang telah dilaksanakan Jum’at lalu (7/6/2024). (Red)

berita terkait