178 Pantarlih Ikuti Apel Siaga, Siap Sukseskan Pilkada Serentak

24 June 2024

Lamsel, negerikoe.id – Sebanyak 178 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) Se-kecamatan Sidomulyo melakukan Apel Siaga Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) serta Pemutakhiran Data Pemilih menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Apel dilakukan di halaman kantor Kecamatan Sidomulyo, Senin (24/6/2024), yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Ketua PPK Sidomulyo dan jajaran, Ketua Panwas Kecamatan Sidomulyo dan jajaran, serta anggota PPS Se-kecamatan Sidomulyo.

Dalam amanatnya, Camat Sidomulyo, Rohidin yang bertindak sebagai pembina apel, menjelaskan, tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

“Jika hasil daftar pemilihan bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu,” terangnya.

Untuk itu, Rohidin meminta dalam menjalankan tugasnya, Pantarlih harus benar-benar cermat, teliti, serta berkoordinasi dengan banyak pihak sebelum melakukan Coklit.

“Saya berharap teman-teman Pantarlih dapat menyelenggarakan tugas dengan sebaik-baiknya, pastikan semua masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih didaftar, dan pastikan kunjungan kerumah rumah warga menemui calon pemilih,” pintanya.

Rohidin menambahkan, Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, dan menjadi gerbang awal kesuksesan Pemilihan serentak. Untuk itu, proses coklit harus sesuai ketentuan perundang-undangan, juknis dan buku saku pantarlih sebagai alas dasar pantarlih dalam menjalankan tugasnya.

Ketua PPK Sidomulyo, Refa Risnadi mengungkapkan, seluruh anggota Pantarlih akan mulai melaksanakan coklit pada 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

“Pantarlih dapat melaksanakan coklit mulai hari ini (Senin, 24/6/2024) hingga 25 Juli 2024 di desanya masing-masing,” paparnya.

Refa juga menekankan Pantarlih untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan memastikan semua masyarakat memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Dalam pelaksanaan coklit, Pantarlih sudah kita tegaskan untuk benar-benar mendatangi kediaman warga calon pemilih,” imbuhnya. 

Sebelumnya, 178 Pantarlih Se-kecamatan Sidomulyo, pada pagi harinya dilantik oleh PPS desa masing-masing. Setelah pelantikan, dan melaksanakan apel siaga akan mendapatkan bimbingan teknis seputar Coklit dan hal lain yang terkait dengan pemutakhiran data pemilih di desa masing-masing. Proses coklit sendiri akan berlangsung selama satu bulan dimulai tanggal 24 Juni hingga 25 Juli 2024. (Red) 

BERIKUT DAFTAR ANGGOTA PANTARLIH SE KECAMATAN SIDOMULYO :

DESA BANDAR DALAM 13 PANTARLIH

DESA KOTA DALAM 7 PANTARLIH

DESA SIDOREJO 20 PANTARLIH

DESA SUKA BANJAR 13 PANTARLIH

DESA BANJARSURI 7 PANTARLIH

DESA SELORETNO 12 PANTARLIH

DESA SIDOWALUYO 20 PANTARLIH

DESA SUKAMAJU 5 PANTARLIH

DESA BUDIDAYA 6 PANTARLIH

DESA SIDODADI 20 PANTARLIH

DESA SIRINGJAHA 5 PANTARLIH

DESA SUKAMARGA 5 PANTARLIH

DESA GAMPANG TIGA 10 PANTARLIH

DESA SIDOMULYO 18 PANTARLIH

DESA SUAK 12 PANTARLIH

DESA TALANG BARU 5 PANTARLIH

berita terkait